Tugas Pertemuan 8 - Membuat Aplikasi Dessert Clicker

 Tugas Pertemuan 8 
Membuat Aplikasi Dessert Clicker


Nama : Nadya Zuhria Amana
NRP : 5025211058
Kelas : PPB B


1. Pembuatan Aplikasi Dessert Clicker:
   Aplikasi Dessert Clicker adalah sebuah aplikasi sederhana yang memungkinkan pengguna untuk membeli makanan penutup dengan cara mengetuk gambar makanan penutup yang ditampilkan di layar. Ketika pengguna mengetuk gambar makanan penutup, aplikasi akan memperbarui informasi yang ditampilkan di layar, termasuk jumlah makanan penutup yang telah dibeli dan total pendapatan yang dihasilkan dari penjualan makanan penutup tersebut.

2. Pengaturan Logging Dasar:
   - Langkah ini melibatkan penambahan fitur logging dasar ke dalam aplikasi menggunakan logcat. Ini membantu pengembang dalam melacak aliran eksekusi kode dan memantau peristiwa yang terjadi selama proses pengembangan.
   - Untuk ini, ditambahkan konstanta TAG untuk memudahkan identifikasi log dan pesan log sederhana (seperti "onCreate Called") ditambahkan di dalam metode `onCreate()` aktivitas utama.

3. Implementasi Metode Siklus Hidup `onStart()`:
   - Metode siklus hidup `onStart()` digunakan untuk menangani aktivitas saat aktivitas tersebut menjadi terlihat oleh pengguna. Dalam langkah ini, pesan log "onStart Called" ditambahkan ke dalam metode `onStart()` untuk melacak kapan aktivitas dimulai.

4. Pengelolaan Logging Lainnya:
   - Metode siklus hidup lainnya seperti `onResume`, `onRestart`, `onPause`, `onStop`, dan `onDestroy` juga diperiksa dan pesan log yang sesuai ditambahkan ke dalam masing-masing metode. Ini membantu dalam memahami aliran eksekusi kode saat aplikasi berinteraksi dengan pengguna atau mengalami perubahan status.

5. Pemahaman Kasus Penggunaan Siklus Hidup:
   - Langkah ini mencakup pemahaman tentang bagaimana metode siklus hidup bekerja dalam berbagai skenario, termasuk pembukaan dan penutupan aktivitas, serta navigasi di dalam aplikasi dan antara aplikasi lain.
   - Melalui logcat, pengembang dapat memantau urutan panggilan metode siklus hidup dan memahami bagaimana aplikasi berperilaku dalam berbagai situasi.

6. Penanganan Perubahan Konfigurasi:
   - Perubahan konfigurasi seperti rotasi layar atau perubahan bahasa dapat memengaruhi tata letak dan data dalam aplikasi.
   - Langkah ini membantu dalam memahami bagaimana aplikasi menangani perubahan konfigurasi dan bagaimana data dipertahankan atau dipulihkan setelah perubahan tersebut.

7. Implementasi Siklus Hidup Composable:
   - Dalam pengembangan dengan Jetpack Compose, pemahaman tentang bagaimana siklus hidup mempengaruhi komposisi elemen UI sangat penting.
   - Dengan menggunakan `rememberSaveable`, aplikasi dapat mengelola pemulihan data dengan baik, terutama saat terjadi perubahan konfigurasi seperti rotasi layar.

Dokumentasi :
Github :

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama