Tugas 5 PPB - Aplikasi Water Bottle

 Tugas 5 PPB - Aplikasi Water Bottle 

Nama : Nadya Zuhria Amana
NRP : 5025211058
Kelas : PBB B

Pertama-tama, kita akan membuat sebuah proyek baru di Android Studio dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Android Studio dan pilih File > New > New Project.
2. Pada dialog New Project, pilih Empty Activity, lalu klik Next.
3. Di kolom Name, masukkan WaterBottle.
4. Pada kolom Minimum SDK, pilih API level minimum 26 (Oreo) dari menu, kemudian klik Finish.

Setelah proyek dibuat, kita akan mengubah struktur kode contoh yang disediakan oleh Android Studio:

1. Hapus fungsi Greeting dan Greeting Preview yang ada.
2. Pada class MainActivity, hapus isi dari fungsi WaterBottleTheme.

Selanjutnya, kita akan membuat file Kotlin baru dengan langkah-langkah berikut:

1. Klik kanan pada folder com.example.mylogin, pilih New, lalu pilih Kotlin Class/File.
2. Beri nama file tersebut WaterBottle dan pilih File, kemudian tekan Enter pada keyboard.
3. Dalam file WaterBottle, buatlah sebuah fungsi composable WaterBottle dengan parameter yang diperlukan.
4. Di dalam fungsi WaterBottle, buatlah sebuah kode blok untuk mengatur tampilan botol air.
5. Buatlah value waterPercentage dan value waterUsedAmount untuk mengontrol persentase air dalam botol dan jumlah air yang telah digunakan.
6. Buat sebuah box dengan width 200.dp dan height 600.dp untuk menampilkan botol air.
7. Menggunakan Canvas, gambarlah botol air dengan menentukan width, height, capWidth, capHeight, dan bottleBodyPath.
8. Di dalam kode blok bottleBodyPath, buatlah path yang merepresentasikan bentuk botol.
9. Gunakan ClipPath untuk membatasi bagian air agar sesuai dengan bentuk botol.
10. Tentukan posisi dan bentuk gelombang air dalam botol.
11. Buatlah path untuk menampilkan gelombang air.
12. Gambarlah gelombang air pada botol menggunakan path yang telah dibuat.
13. Tambahkan drawRoundRect untuk menampilkan penutup botol.
14. Buatlah value untuk menampilkan teks yang berisi informasi persentase air di dalam botol.
15. Buatlah sebuah Box yang berisi teks dengan menggunakan value yang telah dibuat sebelumnya.

Terakhir, kita akan melakukan beberapa penyesuaian pada file MainActivity.kt:

1. Buat variabel untuk mengatur jumlah air yang telah digunakan dan total kapasitas air dalam botol.
2. Buatlah sebuah Column yang berisi tampilan botol air, spacer untuk memberikan jarak, teks untuk menampilkan total kapasitas air, dan tombol untuk minum air.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat membuat sebuah aplikasi sederhana untuk menampilkan dan mengontrol jumlah air dalam sebuah botol.

Dokumentasi : 






Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama